Pages

Saturday, December 1, 2018

Ulama: Tak Usah Libatkan Diri di Reuni 212, Cukup Syiria yang Hancur

Liputan6.com, Jakarta - Reuni 212 yang digelar pada Minggu (2/12/2018) di Monas, Jakarta, dinilai sejumlah pihak sudah tidak relevan dan bermuatan politis. Sejumlah ulama pun meminta agar masyarakat tidak terlibat dalam aksi tersebut, salah satunya dari pengasuh Pondok Pesantren Nadwatul Ummah Buntet Pesantren, Muhammad Abbas Al Husaini Fuad Hasyim.

"Saya mengimbau kepada umat Islam yang ada di Cirebon khususnya dan dari Sabang sampai Merauke, untuk tidak melibatkan diri dalam gerakan 212 karena gerakan tersebut tidak punya agama dan sangat bersifat politik," kata dia melalui sebuah video, Jakarta, Minggu.

Menurut dia, ada kepentingan terselubung dari kelompok tertentu yang mengatasnamakan agama. Salah satunya, untuk memecahbelah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Di dalamnya (reuni 212), terdapat kepentingan kelompok tertentu bahkan kepentingan pribadi dengan mengatasnamakan agama dan mengeksplorasi simbol-simbol agama kita, Islam dan di dalamnya terdapat individu-individu yang memiliki ideologi sangat membahayakan," ujar dia.

Dia menjelaskan, ideologi ini berbahaya karena menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Mereka juga menghujat dan memfitnah sesama orang Islam. Padahal jelas, hal itu dilarang dalam agama.

"Cukup, Syiria yang hancur karena ideologi tersebut. Cukup Yaman dan Iran yang bisa dihancurkan oleh orang-orang yang memiliki ideologi tersebut dan cukup Libia yang menjadi negara gagal dan hancur gara-gara aksi tersebut," tutur ulama itu.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh rakyat Indonesia, umat Islam khususnya, untuk bersatu dan mempererat ukhuwah islamiyah. Tidak usah ikut dalam reuni 212.

"Jangan sampai negara dan agama yang kita cintai ini dihancurkan untuk kesekian kalinya oleh gerakan-gerakan semacam itu. Salam NKRI, salam ukhuwah islamiyah. Seluruh rakyat Indonesia harus bersatu," kata Muhammad Abbas Al Husaini Fuad Hasyim.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3797042/ulama-tak-usah-libatkan-diri-di-reuni-212-cukup-syiria-yang-hancur

No comments:

Post a Comment