Pages

Wednesday, May 29, 2019

Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 30 Mei 2019 / 25 Ramadan 1440 H di Kota Besar Indonesia

Salah satu Sunnah dalam berpuasa adalah melakukan santap sahur. Sebelum berpuasa, umat Muslim dianjurkan untuk makan sahur. Sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa.

Makan sahur memang bukanlah sebuah ibadah yang diwajibkan dalam Islam atau sebuah aktivitas yang harus dilakukan. Namun, melihat dari manfaatnya, makan sahur sangat dianjurkan, karena bisa memberikan energi untuk tubuh agar mampu menjalankan ibadah puasa seharian.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً‎

“Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).

Aktivitas sahur sendiri dapat berupa menyantap sesuatu walaupun hanya seteguk air. Waktu sahur yang disunnakan adalah selepas tengah malam. Utamanya, ia diakhirkan selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan: apakah masih malam atau sudah terbit fajar. Dalam hadis lain, Rasulullah menandaskan:

لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا أَخَّرُوا السَّحُورَ وَعَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya, “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/ramadan/read/3978925/jadwal-imsak-hari-ini-kamis-30-mei-2019-25-ramadan-1440-h-di-kota-besar-indonesia

No comments:

Post a Comment