Pages

Wednesday, May 29, 2019

7 Penyebab Keluar Darah Setelah Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, seks merupakan hubungan yang menukarkan cairan tubuh. Namun, ada satu cairan yang mungkin tidak ingin Anda temui setelah melakukan hubungan seks yakni darah. Hal ini disebut postcoital bleed.

"Bercak darah dalam jumlah yang sedikit dan sesekali merupakan hal yang normal dan baik-baik saja" kata dokter kebidanan dan kandunga Banner University Medical Phoenix, Nichole Mahnert.

Akan tetapi bila hal ini terjadi beberapa kali periksakanlah dengan dokter Anda. "Biasanya penyebab tidak berbahaya tetapi beberapa diantaranya bisa berbahaya," kata Obgyn dan Pendiri Integrative Medical Pratice of Irvine, California, Felice Gersh.

Jika Anda menyadari adanya noda merah di seprai atau kaki Anda setelah Anda melakukan hubungan seks lebih baik berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandugnan untuk penyebabnya. Seperti melansir dari Health, Rabu (29/5/2019) berikut 7 penyebab keluar darah dari organ intim setelah melakukan hubungan seks:

1. Efek kontrasepsi

Salah satu efek konsumsi kontrasepsi adalah kemampuannya dalam mengatur siklus Anda. Dokter Mahnert mengatakan bahwa kontrasepsi hormonal tipe apapun dapat menyebabkan hal ini. Biasanya Anda akan menyadarinya saat Anda baru mengonsumsi pil misalnya.

Tubuh biasanya akan membutuhkan waktu selama beberapa bulan untuk menyesuaikan diri. Namun hal lain juga bisa terjadi.

"Kontrasepsi hormonal bisa membuat vagina kering sehingga hubungan seksual menjadi menyakitkan dan ada pendarahan," kata dokter Mahnert.

2. Infeksi Menular Seksual (IMS)

IMS dapat menyebabkan berbagai gejala tidak menyenangkan. Pendarahan setelah hubungan seksual adalah salah satunya. Khususnya bila infeksi mengarah ke inflamasi serviks yang disebut cervicitis.

"Serviks yang teriritasi dapat menyebabkan pendarahan dengan gesekan," kata dokter Gersh.

Dokter Manhert menekankan bahwa IMS sama seperti klamidia, gonore dan trichomoniasis dapat menjadi cervicitic. Jadi, noda apapun bisa disebabkan oleh salah satu infeksi umum ini.

"Sebagian perempuan tidak memiliki gejala IMS maka itulah mengapa penting untuk mencari penanganan saat Anda memiliki gejala seperti pendarahan abnormal," kata Gersh.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3979130/7-penyebab-keluar-darah-setelah-berhubungan-seks

No comments:

Post a Comment