Pages

Wednesday, October 31, 2018

Tingkatkan Hubungan Bisnis, China Siap Pugar Pelabuhan Bobrok Filipina

Sebelumnya, China juga melakukan penjajakan kembali dengan Jepang.

Perdana Menteri China Li Keqiang menyebut negaranya dan Jepang harus menjaga pasar bebas dan jangkar pertumbuhan global, agar tetap dalam koridor positif. Hal itu disampaikannya ketika menerima kunjungan mitranya dari Negeri Matahari Terbit, Shinzo Abe, terkait gesekan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS).

Kunjungan tiga hari Shinzo Abe diharapkan bisa mengukir ruang lingkup baru untuk kerjasama antara dua ekonomi terbesar di Asia.

Dikutip dari Asahi Shimbun pada Jumat 26 Oktober 2018, hal ini juga diharapkan bisa semakin meningkatkan kepercayaan, yang telah rapuh pada saat kedua negara memulihkan hubungan diplomatik pada tahun 1972.

"Kami berharap kedua belah pihak akan bekerja keras untuk mempromosikan perdamaian regional, menjaga multilateralisme dan perdagangan bebas, dan menjadi poros stabilitas, pertumbuhan dan momentum, bukan hanya untuk Asia tetapi dunia," kata Li dalam pidatonya di Balai Besar Rakyat Beijing.

Di lain pihak, PM Abe yang tiba beberapa jam sebelum pertemuan bilateral formal pertamanya dimulai, mengatakan bahwa kedua negara telah bermain "peran yang sangat diperlukan dalam pembangunan ekonomi di Asia dan global".

Sementara khawatir tentang kekuatan angkatan laut China yang semakin besar, Jepang juga menginginkan hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan mitra dagang terbesarnya, tetapi harus mengatur pendekatan itu tanpa mengganggu sekutu keamanan utamanya, AS.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3681566/tingkatkan-hubungan-bisnis-china-siap-pugar-pelabuhan-bobrok-filipina

No comments:

Post a Comment