Pages

Thursday, November 29, 2018

Mau Touring Motor Akhir Tahun, Persiapkan 7 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun semakin dekat, artinya libur panjang sudah di depan mata. Momen ini digunakan oleh komunitas roda dua untuk touring ke berbagai lokasi. 

Walau demikian, touring juga membutuhkan perisapan khusus agar kenikmatan berkendara selama perjalanan tidak terganggu. Tentu saja, hal utama adalah safety riding dengan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman.

Sedikitnya ada 7 tips dalam persiapan touring sebagaimana yang disarankan PT Daya Adicipta Motora (DAM). Tujuh persiapan tersebut adalah:

1. Jaket

Tidak semua jaket bisa dipakai untuk touring. Untuk touring diperlukan jaket yang tebal dan dapat menutupi tubuh hingga bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul. Selain itu jaket sudah dilengkapi protector atau pelindung.

“Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ujar Asep Wawan, Instruktur Safety Riding DAM.

2. Helm

Selain jaket yang wajib digunakan saat touring, helm juga menjadi salah satu perangkat safety yang wajib digunakan oleh bikers. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik yang helm half face dan full face. Sesuaikan ukuran helm dengan ukuran kepala, tidak boleh terlalu sempit atau pun kebesaran.

“Menggunakan helm yang tidak pas dengan pengendaranya akan membuat perlindungan menjadi kurang maksimal dan juga membuat pengguna tidak merasa nyaman,” ujar Asep.

Bagian helm yang tidak kalah penting adalah tali pengikat helm beserta pengancingnya. Jika berkendara pastikan tali helm telah terkunci dengan sempurna.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3791194/mau-touring-motor-akhir-tahun-persiapkan-7-hal-ini

No comments:

Post a Comment